Perbedaan Hosting dan Domain

Bertemu kembali dengan team cekhosting.com. Semoga info kali ini secara general dapat membuka wawasan seputar review perusahaan hosting terbaik, dan sharing ragam kode kupon promo, dan beragam informasi membuat website/blog.

Masih sering kami menemukan pertanyaan tentang apa bedanya domain dan hosting? Untuk itulah pada panduan singkat kali ini kami ingin mencoba untuk menjelaskan tentang keduanya sehingga jelas perbedaannya.

HOT DEALS! Menangkanlah discount special dari Niagahoster, yang termasuk hosting terbaik di Indonesia. Detail lebih lanjut bisa dibaca di posting kupon kode promo Niagahoster. Anda juga bisa membaca tinjauan lebih lanjut di penjelasan tinjauan Niagahoster.

Apa Itu Nama Domain?

Apa itu nama domain? Nama domain adalah alamat yang diketikkan oleh para pengguna internet saat mengunjungi website Anda. Jika diibaratkan dengan rumah maka nama domain adalah alamat.

Contohnya adalah: google.com, detik.com, cekhosting.com

Jadi begini, dunia internet ini sangatlah luas dan setiap server atau komputer yang terhubung dengan internet secara otomatis memiliki alamat sebagaimana setiap rumah di dunia nyata pun memiliki alamat.

Di dunia internet alamat dari setiap komputer atau server ditandai dengan angka-angka yang unik/berbeda. Sehingga tidak ada satu komputer atau server yang memiliki alamat sama.

Misalnya, server cekhosting.com beralamatkan 117.53.45.102, server google.com beralamatkan 74.125.200.100, server detik.com beralamatkan 103.49.221.211.

Setiap website berbeda memiliki alamat yang berbeda, sama seperti KTP kita memiliki alamat yang berbeda, demikian pula nomor handphone kita pun berbeda-beda. Untuk membuka website-website tersebut pada asalnya kita harus mengetikkan alamat dengan model angka-angka tersebut di atas.

Akan tetapi ini menyulitkan bukan? Kita harus menghafal sekian ribu alamat berbeda nantinya ketika kita ingin membuka banyak website yang berbeda pula. Karenanya digunakan sistem domain atau nama domain.

Sistem nama domain ini Ketika anda mengetikkan google.com di browser Anda, misalnya Mozilla Firefox, maka nanti Mozilla Firefox akan menemukan secara otomatis di mana alamat dari google.com? Oh ternyata di 74.125.200.100. Selanjutnya Mozilla Firefox akan datang ke alamat 74.125.200.100 dan meminta dibukakan website google.com.

Dengan cara ini alamat website menjadi jauh lebih mudah untuk diingat dan kita tidak perlu untuk menghapal ribuan urutan angka untuk membuka sebuah website tertentu.

Apa Itu Web Hosting?

Adapun hosting, atau lebih tepatnya web hosting, adalah tempat dimana kita menyimpan semua file website kita. Jika domain adalah alamat dari rumah kita, maka hosting adalah rumah kita itu sendiri. Di mana kita menyimpan semua barang untuk kehidupan kita di dalam rumah terus.

Maka web hosting adalah tempat dimana kita menyimpan semua barang yang diperlukan untuk website kita. Barang yang dimaksud atau berbeda dengan barang yang dibutuhkan manusia seperti baju, makanan dan minuman. Barang yang dimaksud untuk kita adalah file, database, gambar, video, audio, program, scripts, dan seterusnya.

Nah, jika anda memesan jasa web hosting maka sebenarnya itulah yang anda pesan, yaitu tempat untuk menyimpan data website Anda di internet.

Hubungan Domain dan Hosting

Setelah kita memahami perbedaan di antara domain dan hosting maka pertanyaan selanjutnya: apakah hubungan antara kedua hal tersebut?

Jawabannya mereka adalah dua hal yang berbeda namun saling terkait dan saling dibutuhkan. Keduanya bekerja sama membuat website kita bisa dibuka oleh orang di internet dan keduanya sangat Anda butuhkan dalam membuat website.

Yang pertama orang pengetikan nama domain yang telah kita sewa di web browser mereka, halo web browser mereka mengubah nama domain tersebut ke alamat IP dari web hosting kita. Selanjutnya web browser datang ke IP dari web hosting kita dan meminta agar website kita ditampilkan.

Tanpa nama domain orang akan sangat kesulitan untuk mengingat alamat website Anda, kenapa hosting Anda tidak bisa menyimpan datanya di internet.

Itu saja yang mampu kami hadirkan pada coretan berikut ini. Moga-moga artikel berikut ini secara luas mampu menambah wawasan seputar tinjauan web hosting terbaik, juga sharing informasi berbagai kode promo, serta berbagai info terkait tutorial membuat blog/website.

Senada dengan entry sebelum ini, apabila Anda punya kebingungan, ralat atau masukan, boleh cantumkan pada kolom komentar di akhir artikel. Yuk kita saling bertukar info yang bermanfaat.

Leave a Comment