Perbedaan Hosting dan Domain

Jumpa kembali bersama kami team Cek Hosting. Harapan kami posting ini secara umum sukses menambah wawasan terkait ulasan tempat hosting terbaik, serta sharing informasi beragam kupon kode promo, juga ragam informasi membuat website/blog.

Masih sering kami menemukan pertanyaan tentang apa bedanya domain dan hosting? Untuk itulah pada panduan singkat kali ini kami ingin mencoba untuk menjelaskan tentang keduanya sehingga jelas perbedaannya.

HOT DEALS! Raihlah diskon special dari Niagahoster, yang dikategorikan hosting terbaik di Indonesia. Informasi detail tercantum di penjelasan kupon promo Niagahoster. Anda juga bisa membaca ulasan terkait di posting tinjauan Niagahoster.

Apa Itu Nama Domain?

Apa itu nama domain? Nama domain adalah alamat yang diketikkan oleh para pengguna internet saat mengunjungi website Anda. Jika diibaratkan dengan rumah maka nama domain adalah alamat.

Contohnya adalah: google.com, detik.com, cekhosting.com

Jadi begini, dunia internet ini sangatlah luas dan setiap server atau komputer yang terhubung dengan internet secara otomatis memiliki alamat sebagaimana setiap rumah di dunia nyata pun memiliki alamat.

Di dunia internet alamat dari setiap komputer atau server ditandai dengan angka-angka yang unik/berbeda. Sehingga tidak ada satu komputer atau server yang memiliki alamat sama.

Misalnya, server cekhosting.com beralamatkan 117.53.45.102, server google.com beralamatkan 74.125.200.100, server detik.com beralamatkan 103.49.221.211.

Setiap website berbeda memiliki alamat yang berbeda, sama seperti KTP kita memiliki alamat yang berbeda, demikian pula nomor handphone kita pun berbeda-beda. Untuk membuka website-website tersebut pada asalnya kita harus mengetikkan alamat dengan model angka-angka tersebut di atas.

Akan tetapi ini menyulitkan bukan? Kita harus menghafal sekian ribu alamat berbeda nantinya ketika kita ingin membuka banyak website yang berbeda pula. Karenanya digunakan sistem domain atau nama domain.

Sistem nama domain ini Ketika anda mengetikkan google.com di browser Anda, misalnya Mozilla Firefox, maka nanti Mozilla Firefox akan menemukan secara otomatis di mana alamat dari google.com? Oh ternyata di 74.125.200.100. Selanjutnya Mozilla Firefox akan datang ke alamat 74.125.200.100 dan meminta dibukakan website google.com.

Dengan cara ini alamat website menjadi jauh lebih mudah untuk diingat dan kita tidak perlu untuk menghapal ribuan urutan angka untuk membuka sebuah website tertentu.

Apa Itu Web Hosting?

Adapun hosting, atau lebih tepatnya web hosting, adalah tempat dimana kita menyimpan semua file website kita. Jika domain adalah alamat dari rumah kita, maka hosting adalah rumah kita itu sendiri. Di mana kita menyimpan semua barang untuk kehidupan kita di dalam rumah terus.

Maka web hosting adalah tempat dimana kita menyimpan semua barang yang diperlukan untuk website kita. Barang yang dimaksud atau berbeda dengan barang yang dibutuhkan manusia seperti baju, makanan dan minuman. Barang yang dimaksud untuk kita adalah file, database, gambar, video, audio, program, scripts, dan seterusnya.

Nah, jika anda memesan jasa web hosting maka sebenarnya itulah yang anda pesan, yaitu tempat untuk menyimpan data website Anda di internet.

Hubungan Domain dan Hosting

Setelah kita memahami perbedaan di antara domain dan hosting maka pertanyaan selanjutnya: apakah hubungan antara kedua hal tersebut?

Jawabannya mereka adalah dua hal yang berbeda namun saling terkait dan saling dibutuhkan. Keduanya bekerja sama membuat website kita bisa dibuka oleh orang di internet dan keduanya sangat Anda butuhkan dalam membuat website.

Yang pertama orang pengetikan nama domain yang telah kita sewa di web browser mereka, halo web browser mereka mengubah nama domain tersebut ke alamat IP dari web hosting kita. Selanjutnya web browser datang ke IP dari web hosting kita dan meminta agar website kita ditampilkan.

Tanpa nama domain orang akan sangat kesulitan untuk mengingat alamat website Anda, kenapa hosting Anda tidak bisa menyimpan datanya di internet.

Demikian yang dapat kami jelaskan pada tutorial berikut ini. Moga-moga jurnal berikut ini secara luas dapat menginspirasi terkait review hosting terbaik, juga berbagi ilmu berbagai kupon kode promo, juga koleksi postingan mengenai tips membuat blog/website.

Masih sesuai tutorial sebelumnya, andaikan Anda punya unek-unek, ralat atau saran, silakan tulis pada area komentar di akhir artikel. Mari bersama-sama saling bertukar informasi yang berguna.

Leave a Comment