Review Lokasi Hosting Berdasar Negara

Bertemu kembali dengan team Cek Hosting. Semoga info ini secara garis besar sukses menambah wawasan terkait ulasan hosting terbaik, dan sharing ilmu koleksi kode promo, juga kumpulan panduan membuat website/blog.

Sudah kita bahas pada artikel sebelumnya bahwa lokasi hosting sangat berpengaruh kepada kepuasan konsumen dan kepuasan visitor yang datang ke website kita. Semakin dekat jarak web hosting sebuah website kepada visitornya maka semakin cepat sebuah web akan terbuka. Maka idealnya kita menaruh website yang kita buat di dekat target market kita atau di sekitar kita.

Masalahnya tidak setiap server bisa kita taruh di dekat visitor, karena terkadang tidak ada layanan yang cocok di lokasi idaman kita tersebut. Terkadang lain yang cocok bisa jadi ada di tempat yang jauh sekali dari kita. Karenanya kita perlu mengenali karakteristik layanan hosting yang disediakan di suatu daerah tertentu agar kita bisa mengetahui layanan apa yang cocok kita taruh di sana.

Data Center Global
HOT DEALS! Gunakan potongan harga eksklusif dari Niagahoster, salah satu hosting terbaik di Indonesia. Informasi lanjutan bisa dilihat di posting kupon kode promo Niagahoster. Anda juga bisa membaca ulasan lebih detail di section tinjauan Niagahoster.

Beda Negara Beda Karakteristik Layanan Hosting

Secara umum perbedaan lokasi selain memberikan perbedaan Kecepatan juga memberikan karakteristik pelayanan yang berbeda. Hal ini disebabkan beberapa hal semisal kecenderungan provider di suatu lokasi, kebutuhan user di suatu lokasi, bahkan hingga masalah politik dan pajak pun berpengaruh.

Karenanya kita akan menemukan beda karakteristik layanan web hosting di Indonesia, di Singapura, di Amerika Serikat, di Eropa dan di tempat-tempat. Ada yang mungkin layanannya lebih murah dengan spesifikasi yang tinggi, ada yang memiliki karakteristik layanan cepat supportnya, ada juga yang memiliki karakteristik mahal tapi konektivitas yang bagus, dan seterusnya.

Karakteristik Jasa Hosting Berdasar Negara

Pada artikel kali ini mari kita review sedikit tentang perbedaan karakteristik jasa web hosting berdasar negaranya. Mudah-mudahan dengan review web hosting ini bisa membantu anda menentukan lokasi yang tepat.

Lokasi #1: Indonesia

Yang pertama kita akan memberi review karakteristik jasa web hosting di negara kita sendiri, yaitu di Indonesia. Karakteristik hosting di Indonesia ini adalah cepat sekali diaksesnya jika kita membuat website yang berbahasa Indonesia atau target marketnya orang Indonesia. Ini karena kebanyakan ISP sudah terkoneksi dengan baik satu sama lain, di samping itu pula jarak yang dekat dari visitor ke server tentu akan meningkatkan kecepatan akses website.

Untuk review dari segi harga, di Indonesia tidaklah murah. Jika Anda menggunakan jasa web hosting Indonesia, dengan harga yang sama anda bisa mendapat spesifikasi server yang lebih tinggi. Akan tetapi tentu kecepatan berkurang karena lokasi menjadi jauh dari visitor kita. Salah satu penyebab tingginya harga ini adalah karena tingginya biaya kirim dan pajak bagi hardware yang masuk ke Indonesia. Tentunya hal itu membuat para penyedia jasa harus menyesuaikan harga, alias ditinggikan, untuk mengimbangi biaya yang mereka keluarkan.

Untuk masalah support tentu enak kalau kita menggunakan jasa web hosting lokal, karena jam aktif tim support sama dengan jam aktif kita pada umumnya. Selain itu tidak ada kendala bahasa karena sama-sama menggunakan bahasa Indonesia baik dari pihak web hosting dan client.

Ada masalah yang cukup serius untuk web hosting di Indonesia. Review kami menunjukkan bahwa kualitas jaringan di Indonesia masih kurang bagus dan belum se-well connected dengan berbagai negara luar. Masalah keamanan dan kepastian hukum, juga masalah stabilitas suplai listrik ke data center menyebabkan kualitas hosting Indonesia belum mencapai level maksimal.

Lokasi #2: Singapore

Alternatif tempat hosting kedua adalah di Singapura. Dan ini juga merupakan tempat kami banyak menitipkan website-website kami, karena lokasinya strategis.

Kami katakan strategi sekarang lokasi Singapura memiliki konektivitas internet yang sangat baik ke jaringan internet global, sehingga akses website dari Singapura udah dibuka dari berbagai macam negara. Juga dekat ke Indonesia sehingga memudahkan kita jika ingin melakukan development pada website, atau melakukan setting pada server, karena server menjadi responsif dan website menjadi responsive dengan berbagai modifikasi yang kita lakukan.

Keuntungan lokasi server atau web hosting di Singapura adalah stabilnya koneksi dan infrastruktur di negara tersebut. Mulai dari keamanannya yang baik, listriknya yang stabil, jaringan internet yang cepat, semua menjadikan Singapura sangat cocok untuk menjadi data center. Karenanya tidak heran banyak sekali perusahaan global yang menaruh data center di Singapura.

Belum lagi masalah privacy yang dijunjung tinggi, kepastian hukum dan kepastian usaha, menjadikan Singapura menjadi lokasi favorit berbagai perusahaan multinasional.

Sayangnya sama seperti di Indonesia, review lokasi web hosting Singapura dari kami dalam sisi harga sama-sama kurang menyenangkan. Hal tersebut karena jasa web hosting di Singapura terbilang cukup mahal juga, tidak jauh berbeda dengan di Indonesia.

Ada satu hikmah dari sini. Indonesia harus belajar dari Singapura bagaimana caranya menjadi pusat data dunia, jangan sampai kalah dengan sebuah negara yang ukurannya hanya sebesar Kota Jakarta dalam makalah teknologi informasi. Harusnya kita di Indonesia pun bisa baik seperti mereka kualitasnya bahkan lebih.

Lokasi #3: Amerika Serikat

Lokasi berikutnya adalah hosting di Amerika Serikat. Di negara ini ada perbedaan yang cukup mencolok dibanding melakukan web hosting di Indonesia ataupun di Singapura.

Di Amerika Serikat biaya hosting termasuk cukup murah. Dalam artian dengan biaya yang sama jika anda melakukan hosting di Amerika Serikat anda bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, prosesor yang lebih kencang, jaringan yang lebih cepat, dibandingkan hosting di Indonesia atau Singapura.

Mengapa bisa demikian? Bisa jadi karena suplai hardware ke negara Paman Sam ini sangatlah banyak sehingga harga-harga amerika Serikat sangat dibandingkan hardware di Singapura atau Indonesia. Belum lagi mereka merupakan salah satu produsen hardware yang cukup besar, dan pemerintahnya sangat mensuport kegiatan usaha berbasis teknologi informasi, sehingga biaya yang dikeluarkan penyedia jasa web hosting di Amerika cukup murah.

Karenanya untuk review web hosting di Amerika Serikat dari segi harga, kami bisa mengatakan bahwa biaya hosting di sana sangat murah. Sayangnya karena lokasinya jauh dari Indonesia maka jika kita membeli web hosting di sana speednya kurang, website terasa lebih lambat. Ini tentu menjadi dilema bukan, karena speed adalah faktor utama kepuasan pengunjung website.

Lalu harus bagaimana? Saran kami jika Anda memiliki website yang target marketnya adalah visitor dari Indonesia, tetap menggunakan web hosting yang ada di Indonesia. Memang sedikit lebih mahal biayanya tetapi meningkatkan kepuasan konsumen harus dijadikan prioritas sebuah usaha, walaupun profit menjadi sedikit lebih tipis karena hal tersebut. Lebih baik usaha kita bisa berlanjut terus karena konsumen puas daripada bisnis kita mati karena Konsumen tidak puas, dengan sebab kita ingin menghemat sedikit biaya.

Kecuali jika banyak pengunjung website anda berasal dari luar negeri, bisakan di Eropa atau di Amerika,maka apakah cocok sekali membeli web hosting dengan lokasi di Amerika Serikat.

Lokasi #4: Eropa

Lokasi terakhir yang kami memiliki banyak pengalaman dalam melakukan web hosting adalah di Eropa.

Review kami terhadap berbagai jasa web hosting yang berbasis di Eropa adalah, murahnya kebangetan, murahnya luar biasa. Jika sebelumnya kami mengatakan bahwa di Amerika Serikat harganya murah, maka di Eropa lebih murah lagi. Dalam artian dengan harga yang sama Anda bisa mendapatkan spesifikasi hardware dan jaringan/network yang lebih besar dibanding provider hosting Amerika. Apalagi jika dibandingkan dengan provider hosting Indonesia.

Sayangnya lokasi di Eropa ini jauh, sehingga website yang kita taruh di sana akan lambat dibuka. Bahkan lebih lambat lagi dibanding jika kita melakukan hosting website di Amerika, karena ping ke Eropa lebih rendah dibanding ke Amerika.

Karenanya Jika anda ingin membeli web hosting di Eropa, rasanya tidak cocok jika dipakai untuk membuat website. Kecuali memang target market anda adalah orang Eropa. Akan tetapi cocok jika anda ingin menggunakannya sebagai tempat penyimpanan data, atau tempat backup data server. Yang demikian karena harga di sini sangat murah, sehingga Anda bisa menyimpan data yang banyak untuk backup tanpa perlu keluar uang yang berlebih. Ini menurut review kami bisa jadi yang lain memiliki review berbeda.

Lokasi #5: Australia, Afrika dan Lokasi Lainnya

Untuk berbagi lokasi lainnya seperti Australia, Afrika, Cina, Asia Timur, kami tidak memiliki banyak pengalaman dengan hosting bisa. Karenanya kami tidak bisa memberi review terhadap layanan web hosting dari negara-negara atau lokasi tersebut.

Demikian yang bisa kami ketengahkan pada postingan ini. Moga posting ini secara umum bisa menambah ilmu terkait tinjauan hosting terbaik, juga berbagi beragam kupon kode promo, juga koleksi informasi seputar tutorial membuat blog/website.

Masih sesuai ulasan sebelum ini, bilamana Anda punya pertanyaan, koreksi atau advice, silakan tulis pada kolom komentar yang tersedia. Yuk bersama-sama saling berbagi info yang berguna.

Leave a Comment