Review Hosting Data Center: Gedung Cyber Jakarta

Selamat datang kembali bersama kami CekHosting. Harapan kami sajian berikut ini secara mendasar dapat menambah wawasan mengenai ulasan web hosting terbaik, dan berbagi berbagai kupon kode promo, dan ragam informasi membuat website/blog.

Bagi kita yang setiap hari mengggunakan berbagai peralatan berbasis internet mungkin tidak pernah terpikir di mana sih sebenarnya data-data kita yang kita upload setiap hari disimpan? Di mana foto dan video yang kita upload ditaruh? Dan seterusnya. Nah, bagi Anda yang belum tahu, data yang kita miliki itu disimpannya di sebuah gedung yang disebut data center.

Data center adalah tempat bagi para perusahaan berbasis internet untuk menyimpan berbagai data yang mereka miliki. Semakin banyak data yang dimiliki tentunya kan tidak mungkin kalau disimpan di kantor, nanti kantornya penuh. Nah, di sinilah peran data center, sesuai namanya sebagai pusat data

Data Center Gedung Cyber – Jakarta

HOT DEALS! Raih discount eksklusif dari Niagahoster, yang termasuk web hosting terbaik di Indonesia. Informasi detail terdapat di posting kode promo Niagahoster. Anda juga bisa membaca review lebih lanjut di page tinjauan Niagahoster.

Salah satu data center yang paling terkenal di Indonesia adalah Gedung Cyber, atau sering juga disebut sebagai Cyber Building. Cyber building termasuk salah satu pelopor data center di Indonesia, sebuah gedung yang termasuk generasi awal dalam kapasitasnya sebagai pusat penampungan data di Indonesia. Selain itu Gedung Cyber juga menjadi pusat berkumpulnya berbagai ISP (Internet Service Providers) di Indonesia. Jadi di sini berkumpul pusat data dan pusat jaringan internet sekaligus.

Gedung ini menampung banyak sekali data cyber di Indonesia, jadi ada kemungkinan besar website-website yang Anda host, atau situs-situs yang Anda buka menggunakan gedung ini sebagai data centernya. Selain itu, kemungkin besar sekali ISP yang Anda miliki pun memiliki koneksi ke gedung yang satu ini.

Gedung ini sangat ikonik karena menjadi pusat internet Indonesia dan berkumpulnya APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), dan dari tempat inilah tonggak awal kemunculan berbagai layanan internet selanjutnya yang lebih kompleks dan lebih maju di negeri tercinta ini.

Sebagian website kami pun dihosting di sini, misalnya hosting ArdetaMedia yang kami pakai.

Musibah Menimpa Gedung Cyber di Tahun 2021

Gedung Cyber generasi pertama disebut Gedung Cyber 1. Lokasinya ada di Jalan Kuningan Barat Raya Nomor 8, RT/RW 001/003, Kuningan Barat, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Kalau Anda membuka Google Maps akan mudah sekali Anda temukan petanya dan foto-fotonya karena gedung ini sangat terkenal.

Musibah berat pernah menimpa gedung ini di tahun 2021, tepatnya pada tanggal 2 Desember di tahun 2021. Kebakaran besar melanda gedung tersebut, orang-orang terluka karena api bahkan ada yang meninggal. Tidak hanya itu, koneksi internet dari dan ke gedung tersebut sempat mati untuk beberapa waktu, juga termasuk berbagai layanan online yang menggunakan gedung tersebut sebagai data centernya.

Tidak ketinggalan pula berbagai jasa web hosting pun menjerit karena server mereka mati, sebab listrik gedung harus dimatikan agar kebakaran tidak semakin membesar dan membawa banyak korban.

Hal ini tentunya memberikan pukulan telak bagi dunia internet Indonesia. Bagaimana mungkin gedung yang sangat penting, yang menjadi tulang punggung internet di Indonesia dan pusat data yang sangat berharga bisa terkena kebakaran seperti itu?

Tentunya perlu penyelidikan lebih lanjut tentang penyebab dan solusi agar kejadian tersebut tidak terulang lagi. Karena data sangatlah berharga, maka harus kita jaga jangan sampai terjadi kerusakan yang seharusnya bisa dicegah. Apalagi untuk komunitas kita, komunitas web hosting, bisa dibilang uptime adalah “segala-galanya” untuk dipertahankan.

Itulah yang dapat kami tuliskan pada coretan ini. Moga-moga makalah ini secara umum dapat menginspirasi tentang tinjauan web hosting terbaik, dan sharing ilmu berbagai kode kupon promo, serta ragam artikel seputar informasi membuat blog/website.

Senada dengan artikel yang lalu, andai Anda memiliki pertanyaan, kritik atau masukan, boleh tuliskan pada area komentar di bawah. Yuk kita semua saling berbagi informasi yang bermanfaat.

Leave a Comment